jump to navigation

Manfaat Wudhu October 1, 2007

Posted by tintaungu in Reksa.
trackback

Oleh : M Mahbubi Ali

”Sungguh ummat-Ku akan diseru pada hari kiamat dalam keadaan bercahaya karena bekas wudhunya.” (HR Bukhari dan Muslim).

Selain memiliki banyak keutamaan, wudhu ternyata sangat bermanfaat terhadap kesehatan. Dr Ahmad Syauqy Ibrahim, peneliti bidang penderita penyakit dalam dan penyakit jantung di London mengatakan, ”Para Pakar sampai pada kesimpulan mencelupkan anggota tubuh ke dalam air akan mengembalikan tubuh yang lemah menjadi kuat, mengurangi kekejangan pada syaraf dan otot, menormalkan detak jantung, kecemasan, dan insomnia (susah tidur).”

Dalam buku Al-I’jaaz Al-Ilmiy fii Al-Islam wa Al-Sunnah Al-Nabawiyah dijelaskan, ilmu kontemporer menetapkan setelah melalui eksperimen panjang, ternyata orang yang selalu berwudhu mayoritas hidung mereka lebih bersih, tidak terdapat berbagai mikroba.

Rongga hidung bisa mengantarkan berbagai penyakit. Dari hidung, kuman masuk ke tenggorokan dan terjadilah berbagai radang dan penyakit. Apalagi jika sampai masuk ke dalam aliran darah. Barangkali inilah hikmah dianjurkannya istinsyaaq (memasukkan air ke dalam hidung) sebanyak tiga kali kemudian menyemburkannya setiap kali wudhu.

Ada pun berkumur-kumur dimaksudkan untuk menjaga kebersihan mulut dan kerongkongan dari peradangan dan pembusukan pada gusi. Berkumur menjaga gigi dari sisa-sisa makanan yang menempel. Sementara membasuh wajah dan kedua tangan sampai siku, serta kedua kaki memberi manfaat menghilangkan debu-debu dan berbagai bakteri. Apalagi dengan membersihkan badan dari keringat dan kotoran lainnya yang keluar melalui kulit. Dan juga, sudah terbukti secara ilmiah penyakit tidak akan menyerang kulit manusia kecuali apabila kadar kebersihan kulitnya rendah.

Dari segi rohani, wudhu menggugurkan ‘daki-daki’ yang menutupi pahala. Bersama air wudhu, dosa-dosa kita dibersihkan, sebagaimana diriwayatkan Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda, ”Apabila seorang hamba muslim atau mukmin berwudhu, tatkala ia membasuh wajahnya keluarlah dari wajahnya seluruh dosa yang dilakukan matanya bersamaan dengan air itu atau dengan tetesan terakhirnya.

Apabila dia membasuh dua tangannya maka akan keluar seluruh dosa yang dilakukan tangannya bersamaan dengan air itu atau tetesan air yang terakhir. Apabila dia membasuh dua kakinya maka keluarlah seluruh dosa yang telah dilangkahkan oleh kakinya bersama air atau tetesannya yang terakhir sehingga dia selesai wudhu dalam keadaan bersih dari dosa-dosa.” (HR Muslim) Maka, berbahagialah orang-orang yang selalu menjaga wudhunya dan menjaga hatinya tetap suci.

(Sumber: Republika)

     

Comments»

1. rahmat - October 11, 2007

assalamualaikum

saya ingin bertanya tentang mengusap telinga saat wudhu

1.mengusapnya dari atas ke bawah atau sebaliknya atau terserah?
2.mana saja yang dimaksud bagian dalam telinga?
3.mana saja yang dimaksud bagian luar telinga?

2. elis - November 12, 2007

asalamulaikum

aq ga naygka klo byk manffaat ya oh ya klo misal org dah widlu habis itu liat pic yg ga jorok apakah dosa itu tttp aada

3. dea - June 19, 2008

Assalamu`alaikum…
ada satu lagi manfaat wudhu dan ini saya rasakan sendiri serta alami…dengan berwudhu ia mampu mengusir gangguan jahat setan serta jin…tubuh kita terasa berat bila kita dalam keadaan kotor, namun setelah berwudhu kita terasa ringan.serta bila kita sakit, misal telinga, kita niatkan air suci untuk menyembuhkan insya Alloh sembuh seketika…trust me

erma - February 11, 2010

Assalamu’alaikum….

bgus bnget berwudhu setiap kita batal,.dapat mencerahkan aura wajah kita dan di jauhkan dari kejahatan,.berwudhulah niat karna allah swt,.

4. evii - April 30, 2011

subahannallah,
air wudhu itu banyak sekali manfaat nya ya…

5. mufassir - July 16, 2011

manfaat wudhu tidak hanya tuk mao sholat atao membaca mushaf Qur’an tp wudhu bermanfaat bg segala segi kehidupan manusia

6. Lili Yana - August 16, 2011

Subahanallah,,.
Bukan hanya itu saja,.
Di waktu saya selesai berwudhu, rasanya hati ini ingin senyum terus, merasa bahagia, dan semangat bahkan seperti nya ketika saya senyum, senyum an itu memancar kan sebuah cahaya, bahkan wajah pun ikut terpancar cahaya ..
Itu lah yang saya rasakan ..

7. Nur Samudra - October 26, 2011

subhannallah, smoga kita adalah orang2 yang slalu menjaga kesempurnaan wudhunya


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: