jump to navigation

ESQ 165 July 19, 2007

Posted by tintaungu in Reksa.
trackback

Istri saya lg seneng2nya baca buku ESQnya Ary Ginanjar. Entah udah berapa judul buku yang dibeli dan dibacanya. Saya sendiri kurang konsent awalnya, dan cenderung berpendapat pelatihan semacam ESQ gitu lebih menonjolkan bisnis daripada dakwahnya. Sekarang kan lagi ngetrend bisnis MICE di berbagai kota. Tapi istri saya tetap bilang meyakinkan saya, ‘bener Mas, ini bagus banget kok’.  

Hingga pas minggu kemaren anak saya Niya diikutkan oleh istri saya Training ESQ Kids di Fapet UGM, saya diminta istri untuk mendampinginya.. Oke deh, pikir saya sekalian ngisi acara liburan. Ternyata emang lumayan bagus.  

Bagus materi dan metodenya…juga efek atau hasilnya (semoga bertahan lama). Pas training  selama 2 hari itu, Niya sampai sempat nangis 8 kali, hari pertama 5 kali dan hari kedua 3 kali. Dan semenjak itu, Niya entah kok jadi rajin sholatnya sekarang. Kalo subuh bangun kesiangan, mulai bilang ’kok aku gak dibangunin pagi2 tho..’ Padahal ayah dan ibunya juga pas kesiangan, hehe…  

Sedikit dari training ESQ 165 (Ihsan, Iman dan Islam), saya jadi tau kenapa Siti Hajar melakukan Sa’i (lari2 kecil) dari bukit Safa ke Marwah dan sebaliknya, karena Siti Hajar sayang dan cinta pada anaknya, mencari seteguk air untuk anak tercintanya. Artinya, sayang dan cinta tidak hanya cukup dilakukan dengan berdiam diri, tapi harus dilakukan dengan aktif bertindak (bergerak). Saya juga jadi tau, kenapa saat melempar Jumroh harus sekuat tenaga, karena yang dilempar adalah syetan, sedang syetan itu adanya bukan di batu tersebut, tapi ada di dalam hati kita, itulah yang kita ambil lalu kita buang sekuat tenaga.. Syetan iri, syetan dengki dan semua syetan yang bercokol di hati kita. 

…Subhanallah… Betapa tidak berartinya diri ini dibanding dengan alam semesta yang ada di jagad raya ini, betapa sombongnya diri ini.. Yaa-Ghafuruu, ampuni segala kesalahan hambaMu ini…

  

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

